Kamis, 11 Februari 2010

Sing It! Write It!

Menurut buku The Creative Writing Handbook yang ditulis oleh John Singleton dan Mary Lockhurst, kehadiran musik dapat sangat membantu penulis di dalam proses kreatifnya. Musik mampu membangkitkan emosi tertentu pada pendengarnya. Musik juga bisa membangkitkan lagi ingatan tentang masa-masa yang sudah dilupakan. Semua itu karena musik merangsang indra pendengaran.


Musik juga merupakan salah satu penanda zaman. Pernah ada masa di mana para remaja di Indonesia gandrung dengan Alphaville, Bon Jovi, atau Radiohead. Masing-masing mewakili era yang berbeda. Kerapkali kita alami saat sedang membaca novel, si penulis mendeskripsikan musik yang disukai oleh karakter-karakternya. Hal ini memberi dimensi baru dalam diri mereka, dan bisa jadi memudahkan pembaca teridentifikasi dengan jagoan-jagoan di novel itu.


Pada pertemuan writer’s circle minggu ini, masing-masing peserta akan menuliskan cerita berdasarkan lagu kesukaan, serta mungkin bersama-sama bersenandung kecil saat lagu tersebut diperdengarkan.


Jangan sampai terlupa untuk membawa soft copy lagu kesukaanmu!

Acara ini akan terselenggara pada:
Hari/tanggal: Sabtu, 13 Februari 2010
Pukul: 16.00 - 19.00
Tempat: Reading Lights Bookshop & Coffee Corner
Jalan Siliwangi 16 Bandung

Tidak ada komentar: