Kamis, 11 Februari 2010

Jumpa Akrab Pembaca Buku: Menyalamatahari di Hari Minggu



Di dalam dunia literatur di Bandung, bahkan Indonesia, barangkali seorang Sundea memang memiliki tempatnya tersendiri. Mengutip pengantar Bambang Sugiharto pada buku pertamanya, Salamatahari, “Ketika orang gemar memasti-mastikan genre atawa kategori suatu karya, bahkan lantas merasa sangat kuasa menentukan kualitas dengan angka, buku ini mengaburkan semuanya. Tak jelas ini buku apa, kudu dinilai bagaimana dan mesti dibaca siapa.”

Sejak peluncuran Salamatahari pada tahun 2006, karya-karya Sundea terus menyedot perhatian pembacanya. Penulis yang sekilas mirip Feby Febiola ini telah menerbitkan sebuah buku cerita anak-anak berjudul Dunia Adin (2007), dan yang terbaru Salamatahari #2. Kemunculan bukunya yang terakhir ini semakin menarik karena tidak melalui jalur penerbitan mainstream, tetapi dengan sistem penerbitan independen.

Selain dari buku, buah pena Sundea juga mudah dinikmati dari berbagai media online. Ia pernah menulis untuk blog toko buku berbasis komunitas, Tobucil, sebelum akhirnya mengembangkan zine-zine-an online Salamatahari yang terbit setiap hari Kamis. Tulisan-tulisan Sundea, baik di buku maupun di blog, memiliki sebuah kesamaan: di dalamnya selalu ada kisah-kisah dari hal-hal kecil, yang kerap luput dari perhatian kita karena tertutupi perihal yang lebih ‘besar’. Kisah-kisah itu mengesankan penulis beranggapan bahwa kehidupan bukan miliknya sendiri, melainkan turut dimiliki oleh orang lain, sebagaimana juga oleh hal-hal lain yang menyertai ‘kehidupan’ manusia.

Berkaitan dengan itu semua, dalam suasana ulang tahun Reading Lights Bookshop and Coffee Corner, writer’s circle mengundang para penikmat karya Sundea untuk saling berjumpa dan, bersama Sundea, menyapa matahari. Dalam acara ini, para penyalamatahari (sebutan untuk orang yang membaca dan menyalami matahari) tidak hanya berkesempatan mengenal Sundea dengan lebih dekat, tetapi juga ikut berbagi kisah favorit, momen salamatahari, dan ikut menuliskan cuplikan kesehariannya melalui sudut pandang masing-masing.

Acara ini akan terselenggara pada:
Hari/tanggal: Minggu, 21 Februari 2010
Pukul: 12:00-15:00
Tempat: Reading Lights Bookshop and Coffee Corner
Jalan Siliwangi No. 16 Bandung

Tidak ada komentar: