Jumat, 10 Juli 2009

Movie Week: This Is England

Sutradara dan Penulis Naskah : Shane Meadows
Pemain: Joe Gilgun, Stephen Graham, Frank Harper, Vicky McClure

Shaun (Thomas Turgoose) masih berusia dua belas tahun, tapi ia telah memasukan dirinya di sebuah kelompok skinhead. Sang ketua Woody (Joe Gilgun), sering mengajak kawan-kawannya itu ke coffee shop, membicarakan keburukan negaranya dan membuat rencana-rencana “perang” melawan negara.

Saat itu adalah masa yang panas di Inggris. Tahun 1983, Margareth Tracher berkuasa dan terjadi kontroversi akan Perang Falklands. Kalangan muda skinhead memilih untuk menentang hal tersebut dengan melakukan perlawanan anarkis. Dalam usahanya, geng kecil ini mulai bergabung dengan kelompok besar.

Shaun berada di persimpangan jalan. Ia harus memilih. Membela ayahnya yang mati berjuang di Falkland atau bersama Woody dan teman-temannya melakukan kekerasan untuk melindungi “negara”.

Film independen ini menggambarkan rasa sakit hati para kelas pekerja muda, karena tersisihkan oleh perang dan datangnya imigran yang “mencuri” pekerjaan mereka. Sang sutradara dan penulis naskah, Shane Meadows mengaku film ini berdasarkan masa kecilnya sendiri. Atas orisinalitas dan kedalamannya film This Is England mendapatkan penghargaan dari British Independent Film Awards dan Rome Film Festival.

Tanggal 11 Juli, datang ke Reading Lights, dan saksikan bareng kita film This Is England yang penuh dengan alur penuh kejutan ini!

PS: Ending film ini keren dan susah ditebak!

Tidak ada komentar: