Kamis, 10 Maret 2011

Jealous Sky


“Saya ada ide ...”

Lebih baik jurnal ini dibaca sambil memutarkan lagu Fields of Gold dari Sting, karena ide yang muncul terinspirasi dari satu lirik lagunya.

You'll remember me when the west wind moves
Upon the fields of barley

You'll forget the sun in his jealous sky

As we walk in the fields of gold



[Jealous sky. Noted.]

Bagaimana jadinya bila langit biru cemburu dengan warna rumput yang hijau? Apa jadinya bila matahari yang selalu berterik-terik cemburu dengan kemalasan rembulan yang temaram? Apa jadinya, bila mereka sepakat untuk bertukar? Absurd, ini pasti jawabannya.

Saya membawa tema ini untuk RLWC. Saya beruntung karena di saat cuacanya sedang tak bersahabat, tidak membuat Neni, Dani, Nia, Ryan dan Andika urung datang ke Reading Lights. Lebih beruntung lagi, tanggal merah di hari Nyepi kala itu, membuat Niken dan Maknyes--para peserta RLWC yang sekarang sudah menetap di Jakarta--bisa datang ke Bandung dan menulis bersama kami. Setelah memaparkan tema, peserta diberi waktu untuk menulis selama 45 menit. Setelah sesi menulis selesai, pembacaan dimulai.



Karena dari awal tulisan saya sudah menyebutkan kata absurd, saya hendak mengingatkan Anda untuk mengabaikan keabsurdan cerita yang kami buat.

Absurd #1 oleh Andika:
Tentang bagimana es krim yang dingin malah menjadi penghangat suasana.

Absurd #2 oleh Niken:
Tentang dua tokoh yang menceritakan tentang rumput kecil yang tidak puas dengan dirinya dan ingin mengubah hidupnya menjadi sesuatu yang lain. Keganjilannya terasa bukan hanya dari cerita rumput kecilnya saja, juga karena dua tokoh yang bercerita duduk di atas genteng berbalut kostum Ultraman dan Spiderman.

Absurd #3 oleh Sapta:
Tentang seorang cucu yang mengajak kakek dan neneknya yang pemuram untuk melihat hujan aneh di luar rumah. Awannya tidak hitam melainkan ungu. Air yang turun berganti warna setiap menitnya. Kakeknya menyebut itu sebagai air mata Tuhan, sementara neneknya tidak berkomentar--hanya memandangi saja. Saat cucunya berhujan-hujan dan menari di bawah awan ungu, sang nenek menarik kakek untuk ikut hujan-hujanan. Apa yang terjadi? Mereka menari, berjoget, dan berjingkrak! “Mungkin air mata ini adalah air mata bahagia Tuhan ...”

Absurd #4 oleh Dani:
Boneka teddy bear besar yang sibuk mengejar cahaya dan akhirnya terjatuh ke dalam lubang, mungkin senasib dengan Alice in Wonderland. Jangan bayangkan boneka teddy bear ini sebagai boneka biasa karena bagian-bagian di tubuhnya terbalik-balik.

Absurd #5 oleh Ryan:
Anjing yang menjadi tuannya manusia dan manusia yang menjadi peliharaan anjing.

Absurd #6 oleh Nia:
Tentang manusia dan sebuah makhluk. Entah apa! Settingannya romantis: tanah berwarna biru berpendar dengan bulan yang merah, serta para makhluk yang berada di bawah cekungan payung terbalik. Lidahnya yang panjang saling bertautan, seperti belukar mawar yang saling berpagut membentuk lorong untuk mengantarkan ke dunia ini. Romantis yang ganjil.

Absurd #7 oleh Neni:
Neni bercerita tentang alam yang terbalik dimana siang bertabur bintang dan malam terang benderang. Seekor ayam yang secara biologis akan rabun menjelang malam, gagal beradaptasi sampai kelaparan karena tidak berhasil mendapatkan seekor cacing pun.

Absurd #8 oleh Maknyes:
Tentang seorang lelaki yang menganggap menjadi kuli bangunan adalah pekerjaan terkeren dan menjadi seorang model adalah mimpi buruk. Badannya yang atletis dan berbentuk adalah modalnya meraih impiannya. Bukankah kuli bangunan lebih baik dibanding menjadi seorang model?

***




Sapta P Soemowidjoko. Bergelar sarjana science yang pada akhirnya terjun ke dunia seni. Hobinya menulis, menggambar, dan memotret yang pada akhirnya digeluti secara profesional. Semasa kuliah pernah menjadi penyiar dan produser di beberapa radio dengan genre anak muda. Terakhir, ia pernah terpilih menjadi art director LA Indie Movie dalam film Dummy Bukan Dami sekaligus menjadi pemeran utamanya. Visual merchandise and promotion untuk Corniche adalah pekerjaan tetap yang tertulis dalam kartu namanya.

4 komentar:

Sundea mengatakan...

Wah, temanya asik banget. Ini bisa berkembang ke menong ajaaaah ... hehehe ...

Btw, teks "Jealous Sky" itu bagus banget, ya, ternyata. Dalem ...

G4reeLa mengatakan...

Ahiw!
Setelah sekian lama absen akhirnya bisa ikut lagiii... Hore!

Nia Janiar mengatakan...

Gue mah geleuh sama foto Angelina Jolie-nya.. Heheu.

G4reeLa mengatakan...

iya, foto jolie-nya sereeem