Jumat, 30 Oktober 2009

Pengulangan Kata Dalam Cerita

Sore itu, hujan sempat mengguyur Bandung tetapi itu tak menyurutkan langkah teman-teman Reading Lights Writer's Circle untuk berkumpul bersama membahas dan mencoba membuat tulisan dengan menggunakan pengulangan frase, rima, dan kata - seperti yang sering kita jumpai dalam syair-syair lagu.

Seperti biasa, Andika membatasi pembuatan tulisan selama 15 menit.

Pembacaan tulisan dimulai dari Dea yang mengambil setting di kamar mandi. Tulisan ini bercerita tentang rakyat kotak-kotak kecil yang terdapat pada tegel bak mandi. Pengulangan kata yang dipakai adalah rakyat kotak-kotak kecil.

Saya mendapat giliran pertama setelah Dea. Isi tulisannya tentang kesediaan seseorang untuk menghibur dan menghadirkan senyum dari orang yang dikasihinya. Disini saya menggunakan pengulangan kata 'ada sehelai kapas putih di hatiku'.

Tulisan ketiga datang dari Lia. Tulisannya berisi tentang seorang perempuan yang hatinya teriris karena memiliki teman yang selalu berbicara sinis. Pengulangan katanya adalah 'kamu selalu sinis'.

Nomer empat adalah Andika. Menurut saya, tulisan Andika unik karena ia membuat sebuah paragraf yang berisi empat kalimat yang berbeda dan keempat kalimat tadi diramu menjadi sebuah tulisan bermakna. Kalimat-kalimat yang diulang adalah:

1. Nancy menghembuskan asap rokok berbentuk 'O' ke udara.
2. Semalam ia menampar pacarnya keras di pipi.
3. Nancy menginap di tempat kos temannya.
4. Ia begadang dan menangis di hari ulang tahunnya.

Saya baru saja menyadari bahwa, secara tidak sengaja, selain mendapat giliran yg keempat, Andika juga menciptakan 4 kalimat yang kemudian dijadikan rima untuk tulisannya. Hmm ... kebetulan yang aneh ...!

Giliran kelima adalah giliran Hakmer. Tulisan bahasa Inggris ini kurang mendapatkan perhatian dari saya yang secara tidak sengaja melamun entah kemana. Pengulangan kata yang dipakai adalah: 'it's one of those nights.'

Tulisan keenam adalah tulisannya Mahel yang berisi harapan-harapan positif dari banyak kejadian negatif yang senantiasa terjadi di sekitar kita. Pengulangan katanya adalah: "'Ya Tuhan,berkatilah mereka yang pada saat tulisan ini' dibuat sedang dalam marabahaya. Apabila Engkau berkenan, panjangkanlah umur mereka."

Nia mendapatkan giliran setelah Mahel. Tulisan Nia berisi tentang seorang anak perempuan yang sudah bolak balik mewanti-wanti ibunya untuk tidak gegabah berkenalan dan menerima ajakan menikah lagi dengan seorang laki-laki yang baru dikenalnya di kereta malam. Akibat dari pertemuan itu, si anak perempuan tadi diperkosa oleh ayah tirinya. Pengulangan kata yang dipakai: 'sudah kubilang pada ibu.'

Giliran terakhir adalah Dani. Tulisan Dani berkisah tentang seseorang yg terkenang-kenang akan teman tidurnya tadi malam. Ada 2 kata dan 2 kalimat yg mengalami pengulangan, yaitu:

1. Seprai
2. Dimanakah dia?
3. Menghilang
4. Sehelai rambut emasnya


Martina Alibasyah
yang memiliki hobi melukis dan menggambar ini sempat mengalami perpindahan sekolah berkali-kali di hidupnya. Marty, nama panggilannya, menyukai penulis Paulo Coelho. Kedatangannya yang selalu meramaikan suasana ini begitu ditunggu-tunggu oleh writer's circle.

Tidak ada komentar: